Skip to main content

Buat memori internal lebih lega dengan Link2SD !

Memori merupakan hal penting yang terdapat pada smartphone masa kini, dengan perkembangannya, terkadang memori yang kecil menjadi penghambat untuk menginstal aplikasi maupun game yang memiliki besaran memori. Pada postingan kali ini saya ingin membantu bagaimana cara memanipulasi memori internal, dengan partisi pada memori eksternal yang ada.

Syaratnya adalah :
  • Android dalam kondisi Root (sudah di root)
  • Memori card minimal kelas 10 (rekomendasi)
  • Memori eksternal yang sudah di partisi (ext3 atau ext4)
  • Rasa penasaran
  • Sedikit keberanian & rasa ingin mencoba hal baru
Flashback sedikit tentang root & partisi via cwm.

Root : Apa itu root? Root merupakan pemberian akses device terhadap pengguna sebagai administrator. Istilah mudahnya, mengizinkan device untuk di oprek dalam sisi softwarenya. Apakah hal ini beresiko? Resiko tidak, selama penggunaan dalam batas wajar dan tidak untuk tujuan yang melebihi batas device.

CWM / Clock Work Mod : Ini merupakan custom recovery dengan variasi menu yang lebih lengkap dan beragam / advance recovery.

Bagaimana cara partisi? Disini telah saya jelaskan. Tapi disini saya menjelaskan tentang cwm untuk device Galaxy Young. Untuk device lain step nya pun sama, hanya saja berbeda bagaimana cara untuk masuk ke cwm tersebut. Saya pancing kamu untuk belajar dari Google lagi, bagaimanakah caranya. Ini tutor partisi untuk Galaxy Young : Disini 

*Cara lain partisi bisa menggunakan aplikasi seperti mini partition tool, dengan bantuan card reader / slot pembaca SD card pada laptop.

Tutorial instalasi :
  • Install Link2sd
  • Buka aplikasi tersebut dan buka Recreate mount script - pilih ext3 / ext4
  • Pindahkan aplikasi yang sudah diinstal terlebih dahulu ke memori internal
  • Ketika aplikasi sudah berada di memori internal, baru sorot beberapa aplikasi - pilih tombol menu(berupa 3dot pada kanan atas) kemudian pilih link 2 sd card
  • Jika semua aplikasi sudah di link, lakukan hal ini.Pencet tombol menu, kemudian pilih more dan pilih Clear all app caches, Clean dalvik-cache, Clean 2nd partition, Link dalvik-cache files, Relink library files, dan Relink all aplication files
  • Terakhir, coba keluar dari aplikasi tersebut dan bersihkan ram dengan aplikasi task manager dan sejenisnya
  • Lihat berapa sekarang sisa space internal anda :)

Comments

Popular posts from this blog

TWRP FOR SAMSUNG GALAXY TAB 3V SM-T116NU

Sekilas mengenai TWRP ini merupakan custom recovery advanced yang kegunaannya antara lain sebagai pengganti recovery bawaan. Apa yang diunggulkan dari recovery ini? Karena terbatasnya fitur recovery bawaan maka TWRP memiliki fitur yang lebih beragam, diantaranya : 1. Backup sistem 2. Restore sistem 3. Partisi memori eksternal 4. Hapus cache 5. Hapus rom 6. Dan lainnya Fitur favorite saya dari TWRP ini yaitu backup & restore sistem / ROM. Jadi sebelum mengoprek lebih jauh, saya sudah menyiapkan sistem cadangan jika terjadi kendala yang tidak diinginkan pada tab saya.

Cara Membuka Mediafire di Handphone Android

Sobat rizky mungkin anda memiliki masalah yang sama seperti saya. Butuh mendownload file dari link Mediafire namun hanya muncul blankscreen berwarna putih saja. Postingan kali ini saya akan membagikan bagaimana cara mendownload file dari Mediafire tersebut dengan bantuan browser, yaitu Browser Dolphin HD. Langsung saja download di GP atau Google Play di perangkat kamu. Link Disini Cara pakai : Download Dolphin Browser® HD Buka Dolphin Browser® HD Buka Menu Setting Ganti settingan menjadi desktop mode Selesai Bagaimana mudah bukan? Jangan lupa untuk bergabung dengan page facebook saya, tempat berbagai tutorr mengenai Android, dan tips trik lainnya. Salam Rizky Insides

Cara disable sinkronisasi ke MiCloud / How to disable synchronization to MiCloud [Tutorial]

Menanggapai berita bahwa smartphone Xiaomi yg sedang booming belakangan, dengan berita bahwa ponsel tersebut dapat mengirim data pribadi milik kita secara diam - diam ke server di Tiongkok berdasarkan pada berita berikut: 'Perangkat Xiaomi Diam - diam mengirim data pribadi  pengguna ke server tiongkok' Sebagai pengguna smartphone, kita juga harus ikut smart dalam menanggapi kasus tersebut, agar tidak terjadi masalah seperti kasus sebelumnya dimana icloud yang terpercaya pun bisa dibobol oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, apalagi mi cloud yang belum kita ketahui kualitas keamanannya. Disini saya akan sharing sebagian kecil cara agar data yg kita miliki aman walaupun tidak sepenuhnya aman. Sebagai sesama pengguna Xiaomi saya juga ingin berbagi beberapa tips yang bisa anda lakukan. Berikut diantaranya :

Widget Musik